Tips Mengelola FansPage Untuk Olshop

Tips Mengelola FansPage Untuk Olshop
Tips Mengelola FansPage Untuk Olshop – Terkadang kita sebagai pelaku online shop termasuk saya sendiri mungkin, sering mengabaikan hal-hal kecil yang mungkin sangat pokok dalam mengelola sebuah fanspage sebagai media promosi yang sangat mumpuni untuk saat ini. Banyak sekali diantara sahabat kita pelaku online shop yang mulai menggunakan fanspage sebagai media promosinya. Sehingga tidak mengherankan jika diberanda kita sering sekali muncul iklan bersponsor dari sahabat pengelola olshop.

Nah ketika kita tengok satu persatu dari fanspage sahabat yang menawarkan aneka produk dan jasa melalui fanspage ini, ternyata hanyalah berisi postingan produk yang ditawarkan saja. Mungkin bagi fanspage besar hal ini sangat biasa, karena mereka mengandalkan jasa iklan fb ads yang mungkin tidak sedikit, untuk dapat menjangkau target pasar yang lebih luas. Lalu bagaimana dengan kita yang masih berstatus pemula, yang tidak menutup kemungkinan masih awam dengan yang namanya beriklan dengan FB Ads.

Untuk itu, saya ingin berbagi sedikit Tips Mengelola FansPage Untuk Olshop bagi pemula, terutama bagi sahabat yang masih baru terjun di dunia online shop seperti saya ini. Yang perlu kita pahami terlebih dahulu adalah fungsi utama dari fanspage, fanspage atau halaman facebook pada dasarnya adalah sebagai media berkumunikasi, bukan untuk berjualan, karena masuk dalam ranah sosial media. Jadi bagi sahabat yang memiliki fanspage hal ini menjadi catatan tersendiri.

Setelah kita tahu fungsi utama dari fanspage tadi, barulah kita mulai mengelola dengan mengisi konten yang sesuai dengan judul yang kita buat. Misalnya saja kita ambil contoh salah satu fanspage saya UndanganJogjaku. Fanspage saya ini sebenarnya akan digunakan untuk jualan undangan dan souvenir pernikahan, namun belum dipake untuk jualan, jadi konten yang harus saya masukkan dalam tiap postingan adalah konten yang berkaitan dengan pernikahan. Karena target pasarnya adalah orang-orang yang akan menikah, dan merasa butuh pencerahan dan motivasi dari konten yang disajikan. (sekarang sudah digunakan untuk agen HPAI)

Selain konten yang berupa materi pernikahan barulah disisipi dengan produk maupun jasa yang sahabat tawarkan. Bagaimana pembagian waktunya ? sahabat dapat menggunakan trik selang-seling atau silahkan sahabat cocokan sendiri dengan kondisi audiens yang ada dalam fanspage sahabat.

Untuk memudahkan dalam penjadwalan postingan dalam fanspage silahkan sahabat perhatikan tabel berikut. Sahabat bisa membuat jadwal seperti ini dan waktunya silahkan diatur sendiri sesuai kebutuhan sahabat.
 
Jadwal Postingan
Contoh Penjadwalan Posting Konten


Sebagai contoh materi kontennya sahabat dapat download disini (pasword @muryantosama) gratis deh. Hanya untuk satu hari saja ya ! Nah kalau sahabat berminat untuk mendapatkan materi konten selama satu tahun silahkan hubungi saya di 085-702-687-317 atau inbox ke @masmuryantosama. Sahabat cukup mengganti biaya kuota internet untuk mengumpulkan konten 275rb saja dan untuk pengiriman via email.

Apalah artinya 275rb jika dibandingkan dengan materi konten selama satu tahun. Dan berapa profit yang sahabat dapatkan selama satu tahun ? Jika sahabat konsisten dengan pengelolaan fanspage sahabat, saya yakin InsyaAllah fanspage yang sahabat kelola akan lebih hidup dan menghasilkan. Karena orang yang berkunjung ke fanspage sahabat merasa mendapatkan manfaat dari konten yang sahabat sajikan. Bukan hanya dicekoki dengan iklan produk yang berulang yang membuat audiens memilih untuk unlike.

Oh iya materi yang saya sajikan hanya berupa teksnya saja, karena apa ? kenapa tidak sekalian dengan gambar ? Karena untuk gambar nanti sahabat bisa menyesuaikan sendiri dengan sikon dan bisa memberikan watermark dengan menggunakan nama fanspage sahabat sendiri. Sedikit saran untuk pemasangan gambar usahakan sahabat menggunakan ukuran yang proporsional ya. Setidaknya gunakanlah lebar gambar 1080 pixel dengan tinggi maksimal sama dengan lebar, dan jangan lebih tinggi dari lebarnya. Silahkan dicoba dan perhatikan hasilnya.

Inilah sedikit Tips mengelola fanspage untuk olshop yang bisa saya bagikan kepada sahabat, semoga bermanfaat. Jangan sungkan untuk sharing ya...
Harap maklum masih newbe soalnya.