WISATA RELIGI KE DEMAK KADILANGU

Selamat pagi menjelang siang sobat semua, bagaimana kabar pagi ini sobat ? sehatkah ? atau ada yang malah belum bangun nih ? hayo-hayo semangat kawan... hehehe
Pagi ini disela-sela validasi data sekolah dan juga ditengah sisa-sisa keletihan yang belum hilang benar usai menunaikan tugas mendampingi ibu-ibu pengajian dari Blunyah ziarah ke Demak, Mas Mur ingin berbagi sedikit cerita buat sobat semua. Paling tidak yach, sedikit memberikan gambaran buat sobat yang barang kali ingin berkunjung ke sana kelak.

Oke sob Mas Mur mau mulai cerita nih, disimak yach.. hehehe ^_^’’
Pagi kemaren, cuaca cukup bersahabat, sehingga begitu bangun eh gak terlalu dingin jadi bisa mandi sebelum subuh, eit, jangan ngeres lho mandi pagi ! hehehehe, ini karena Mas Mur  jam 06.00 dah harus sampe Blunyah Jogja sob. Yach kira-kira 1 jam perjalanan lah dari rumah Mas Mur. Jadi habis solat subuh harus segera meluncur ke Jogja. 

Syukurlah, Mas Mur gak terlambat sampek Blunyah, jadi bisa beristirahat sebentar sebelum berangkat sambil menunggu Bus datang. Yuks mari kita berangkat ziarah bersama ke Demak. Lokasinya pasti sobat sudah tau semua kan ? hayo tau belum ?
Biro perjalanan di Indonesia mestinya dah pada tau kok sob, jagi gak perlu risau dan galau. Nah sekedar informasi aja kok sob, ke Demak itu apa sih objek wisatanya ? Sebenarnya harus ini yang harus kita cermati sob, sebelum kita melakukan sebuah perjalanan harus jelas dulu tujuannya. Maksudnya disini adalah niatan kita berangkat, mau wisata atau ziarah ? karena keduanya ada perbedaan yang setidaknya mungkin harus kita pahami. Wisata itu tempat berekreasi atau bersenang-senang, sedangkan ziarah itu kan tempat beribadah. Hehehe beda kan sob ? bentuk kegiatan disana juga nanti berbeda. Nah begitulah kira-kira sob.

Yuk kita lanjutkan cerita, di Demak itu ngapain tho acaranya ? Yah namanya ziarah ya tentunya disana berdoa untuk para leluhur kita sob, hehehe mang siapa sih yang kita kunjungi ? eh tepatnya makam siapa gitu lho ? yang kita kunjungi adalah Makam Kanjeng Sunan Kalijaga, dan para ulama’ terdalu sob, para ulama’ yang sudah sangat berjasa dalam menyebarkan Agama Islam di Indonesia, terkhusus di Tanah Jawa ini sob. Kemudian lanjut ke Masjid Agung Demak, dan Mrapen (Api Abadi). Nah itulah lokasi yang Mas Mur kunjungi kemaren.

Nah bagi sobat yang suka berbelanja, Mas Mur saranin untuk berbelanja di Kompleks Makam Kanjeng Sunan yakni di Kadilangu, depan pintu masuk makam ada lorong yang cukup panjang, yang mana ini dijadikan sebagai pusat perbelanjaan oleh-oleh sob. Tapi belanjanya habis ziarah sob, jangan sebelum, nanti repot bawanya. Jangan lupa bawa tempat alas kaki sob, tapi bagi yang tidak membawa disana ada yang jual kok sob, plastik kresek seharga Rp.500,-, heheh murah kan ? jangan lupa sediakan uang recehan sob, buat sodaqoh sukur-sukuar uang gedean... hehehe :P

Itulah saran untuk yang suka belanja sob, mang apa sih yang bisa dibeli ? yah tentunya kenang-kenangan lah sob, ada pakaian ala Kanjeng Sunan Kalijaga, sorban, kopiah, blangkon, tongkat, baju, kaos, baju muslim, makanan juga ada kok sob. Lebih jelasnya cek ke TKP sob, hehehe. Kenapa tidak Mas Mur saranin blanja di Masjid Agung Demak dan Mrapen, yah karena disana yang jualan sedikit dan tidak khas sob, yah sekedar warung biasa yang sering kita temui saja sob. Hehehe :D

Mungkin ini saja sob, yang bisa Mas Mur ceritain, buat yang mau tanya-tanya lagi boleh kok sob...
Jangan lupa kasih saran lho sob, biar lebih semangat lagi nulisnya... :D