QURBAN DAN GOTONG ROYONG

Selamat siang sobat semua, hadir lagi nui Mas Mur...hehehe
Kali nui Mas Mur mau bagi sedikit info tentang hubungan erat qurban dan gotong royong sob, dalam dalil dalilnya entah di Qur’an maupun dalam Hadits, Qurban itu kan wajib ya sob, buat mereka yang mengaku beriman dan mampu. Nah dalam beberapa pembahasan juga sudah jelas sob, manfaat Qurban bagi pelaku dan masyarakat umum. Hehehe  jadi Mas Mur gak akan membahasnya lagi, takutnya nanti dikira cuman copas aja dari blog lain, hehehe, kita kan harus menghargai hasil karya sendiri dan karya orang lain tho...betul gak sob ? betul-betul-betul, hehehe kata si ipin^_^’’.
Nah, untuk itulah kali ini Mas Mur sedikit ngasih gambaran dengan ocehan-ocengan ngalor ngidul seperti biasa ya sob....hehehe, Coba kita perhatikan sob, kegiatan saat pelaksanaan qurban, mulai dari penyembelihan sampai dengan pembagian daging. Apakah si Shohibul Qurban bisa melakukan semua hal itu sendirian ? jawabannya sih, ada macam macam, ada yang bilang mungkin saja Mas, kan Cuma motong kambing satu ekor saja kog Wekz... hahahay iya tho sob ? itu sich jawaban orang-orang yang ngeyel, becanda sob, bukan maksud Mas Mur wat nyindir sobat yang punya pendapat itu lho.

Di sini, yang akan kita lihat adalah pelaksanaan pada umum yang berlaku di kalangan masyarakat secara umum. Hehehe. Pada umumnya, pelaksanaan penyembelihan hewan qurban sampai dengan pembagiannya, pastilah melibatkan orang lain, betul gak sob ? jujur lho...hehehe, betul-betul-betul, kata ipin...^_^’’, wah dik ipin ini rajin sekali ya ngejawabnya.. :D

Nah, itulah sob, yang Mas Mur maksud dengan gotong royong, budaya yang seperti ini perlu kita biasakan bukan hanya ketika Qurban saja sob. Hehehe, mereka membantu bukan karena pengen dapat bagian daging lho sob, walau ada yang niatnya gitu, iya gak...hahahay, becanda sob. Tanpa adanya bantuan orang lain tidak mungkin tho dilakukan oleh shohibul qurban sendirian. Hehehe, waktu dan tenaga kita kan terbatas sob...hehehe itulah salah satu alasannya. Jadi kegiatan qotong royong itu adalah budaya yang perlu dilestarikan. 

Selain unsur gotong royong juga ada satu unsur lagi yang terkandung dalam acara Qurban ini sob, . apa itu ? unsur berbagi kasih sayang sob. Kog bisa ? karena ketika kita menerima sesuatu orang lain pastilah kita akan merasa senang dan mendo’akan yang memberi tho sob ? inilah unsur kasih sayangnya. Betul gak ? ini bukan hanya pas Qurban saja, entah apa pun itu. Yang pasti ketika kita ada yang memberi sesuatu yang kita butuh, pastilah kita akan merasa senang tho..hehehe :P

Nah, yang selanjutnya unsur lelah.
Maksudnya Mas Mur baru kecapekan nui sob, jadi mau rehat dulu...hahahahay
Sapai ketemu di ocehan ngalor ngidul Mas Mur Sob....