OPINI PASCA LEBARAN

LEBARAN VS LEBURAN
Wuach, gak kerasa ya, Ramadhan tahun ini dah selesai. Padalah kayaknya baru kemarin mulai puasa, eh tau tau udah Lebaran. Ya walaupun lebaran tahun ini kembali terjadi perbedaan penentuan tanggal dan hari tentang penentuan 1 Syawal, tapi yang terpenting kita tetap saling menghargai, iya kan. BTW shobat-shobat tercinta nui lebaran hari apa ? lok mas mur ma ambil yang hari Selasa, yang duluan jah duech…hehehe just kidding.
Nah, sebelumnya, Mas mur ucapain met lebaran ja duech ya wat shobat-shobat semuanya, mohon maaf jikalau selama ini mas Mur banyak salah, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Ya Mas Mur kan juga hanya manusia biasa yang banyak sekali kelemahan dan kekurangan, dan juga tak luput dari yang namanya khilaf dan salah.
Untuk, kali ini, mas Mur Cuma mau bagi-bagi pendapat ja ma shobat semuanya. Tentang yang namanya perayaan hari lebaran. Setahu mas Mur sih, yang namanya lebaran tuch hari wat saling maaf memaafkan antar sesame manusia. Nama lainya kan Hari Raya Idul Fitri tho, yang berarti kembali ke awal putih bersih. Tapi, kenapa sekarang ini mas mur merasa beda ya ? Hobat semua merasakan gak ?
Lebaran tahun sekarang malah didominasi dengan pesta petasan dan kembang api. Yang mana ini setahu mas Mur gak ada tuch tuntunan dalam Agama Islam.
Malam takbiran atau malam kemenangan yang mana seharusnya terdengar gema Nama Allah di Agungkan, tetapi berubah dengan dentuman suara petasan dan kembang Api. Apa itu bisa dibenarkan ?
Sepuluh hari terakhir dibulan Ramadhan manusia dibebaskan dari Siksa NEraka, Katanya ? tapi jikalau kelakuan kita yak gitu, apa iya ? Kan katanya harus mengagungkan Asma Allah, tapi kenapa malah Petasan ma KEmbang Api ? Apa dengan begitu Allah ridho dengan Kita ?
Logikanya jah, kita minta sesuatu kepada orang tua kita jah harus dengan halus, lok kita gak bisa menghargai orang tua ya tentunya orang tua kita tidak mau mengabulkannya tho ? benar gak ? itu manusia lho.
Wah, Allah kan maha pengasih, penyang pemurah….
Ya lok yang dikasihi, disayangi ja tidak tau trimakasih…apa iya kita diberi…. ?
Anech dan parahnya nie ya…Petasan dilarang ya….itu yang kecil-kecil….
Tapi kembang api yang meletusnya diatas kok gak ya ? padahalkan lebih keras suaranya dan lebih mengganggu tho ? ya walaupun sebagian orang senang, kan warnyanya bagus di atas..ga bisa dipungkiri itu…
Nah itulah uneg-uneg mas mur….kenapa lebaran yang harusnya untuk mengagungkan Asma Allah justru digadaikan dengan Petasan dan Kembang Api…..