NASEHAT MENASEHATI

Selamet Saiful Muslimin November 6 at 9:39am

Sesungguhnya saling berwasiat dalam kebenaran .., kesabaran .., dan kasih sayang adalah perjanjian Islami yang diambil Allah dan RasulNya dari generasi tauladan pertama .., dan orang2 yang mengikuti mereka hingga Hari Kiamat .

" Demi masa . Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian , kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehatl supaya mentaatl kebenaran dan nasehat menasehatl supaya menetapi kesabaran . " ( Terj .. Qs. Al-Ashr : 1-3 ) .


" Dan dia termasuk orang-orang yang beriman dan saling berpesan untuk bersabar dan saling berpesan untuk berkasih sayang . Mereka itu golongan kanan . "
( Terj .. Qs. Al-Balad : 17-18 ) .

Dari Jabir bin Abdillah Radhiyallahu Anhuma yang berkata .., "Aku Mengikuti kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam untuk mendirikan shalat , membayar zakat , dan memberi nasihat kepada setiap Muslim .
( Diriwayatkan .. Bukharl dan Muslim ) .

Nasihat adalah memberikan kebaikan kepada orang yang diberi nasihat . Nasihat adalah kata yang padat makna . Bahkan , tidak ada pengertian lain yang mempunyai makna seluas pengertian di atas . Oleh karena Itu , Rasulullah Shallallahu A'laihl Wa Sallam menjadikan pengertian tersebut sebagal agama .

Tamim Ad-Dati Radhiyallahu Anhu berkata bahwa Rasulullah Shallallahu A'laihi Wa Sallam bersabda .., " Agama itu nasehat .' Kita ( para sahabat ) bertanya , " Bagi siapa ? Arrasul bersabda , " Untuk Allah , Rasul-Nya , pemimpin-pemimpin kaum Muslimin , dan kaum Muslimin secara umum ."
( Diriwayatkan .. Bukharl dan Muslim ).

Ini karena nasehat adalah sarana untuk mencapai tujuan agama .., Dengan nasehat , terlihatlah profil ummat Islam yang mempunyai keberadaan khusus .., ikatan Istimewa . Ummat Islam mengetahui keberadaan diri dan tugasnya .., yaitu membawa manusia kepada Jalan Iman dan amal shalih .
Nasehat adalah bentuk paling cemerlang dan luhur ummat pilihan yang dikehendaki Allah untuk tegak menjaga kebenaran dan kebaikan , saling berwasiat dalam kebaikan dan kesabaran dalam nuansa kasih sayang .

Sesungguhnya saling berwasiat dalam kebenaran itu sangat penting untuk bangkit dengan benar .., karena rintangan itu sangat beragam .., disana ada hawa nafsu .. kondisi masing2 lingkungan dsb .

Saling berwasiat dalam kesabaran Juga amat penting , agar potensi ummat semakin kuat untuk tegar dalam kebenaran dengan apa saja yang membangkitkan perasaan kesatuan tujuan .., kesatuan perjalanan .., solidaritas semua ummat .., dan pembekalan mereka dengan cinta .. tekad .. dan semangat pantang menyerah .

Saling berwasiat dengan kasih sayang juga amat penting di atas kasih sayang Itu sendiri .., karena saling berwasiat dalam kasih sayang adalah upaya menyebarluaskan perasaan tugas untuk saling menyayangi .., dan saling mencintai dalam tubuh ummat Islam . Ini agar bangunan ummat Islam semakin kokoh .