MENIKMATI ALAM CIPTAAN TUHAN

AGENDA YANG TERLEWATKAN

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia sering mengalami yang namanya lupa, hehehe . . . demikian pula yang terjadi dengan penulis kali ini. Hem . . . dalam hal ini penulis lupa mencatat beberapa agenda yang telah terlaksana beberapa minggu yang lalu. Ya. . . karena kesibukan-kesibukan yang lain itulah, hal ini terjadi. Diantara agenda yang sempat lupa dipublikasikan adalah, studi lapangan ke Solo santri-santri SDIT Darul Hikmah dan Jelajah Wonosobo.

a. Studi Lapangan SDIT Darul Hikmah

Studi Lapangan SDIT Darul Hikmah ini dilakukan pada hari Sabtu, tanggal 24 Januari 2009 kemarin. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh santri SDIT Darul Hikmah kelas V dan VI, serta seluruh staf pengajarnya. Hal ini dilaksanakan dalam rangka memenuhi agenda kegiatan tahunan SDIT Darul Hikmah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDIT Darul Hikmah.

Kegiatan ini bersifat semi pendidikan formal, karena kegiatan ini walau berada di luar lingkungan sekolah tetapi hampir semua mata pelajaran tercakup di dalamnya. Mulai dari pelajaran sejarah, matematika, IPA, SBK, hingga pelajaran Teknologi Informasi. Semua ini dilakukan untuk meningkatkan wawasan para santri dalam menyerap ilmunya.

Tempat-tempat yang dijadikan sebagai objek studi lapangan antara lain, Keraton Solo, Pusat Industri Batik Merak Manis, dan Pasar Klewer.
Di Kraton Solo anak anak belajar mengorek informasi sebanyak banyaknya tentang sejarah berdirinya Kraton Solo, sedang di Pusat Industri Batik Anak anak belajar banyak tentang batik mulai dari proses awal pembuatan batik hingga proses pemasarannya, sedang di Pasar Klewer anak-anak lebih banyak belajar tentang ekonomi.
Enaknya bisa belajar bersama dilapangan . . . sambil wisata lagi . . . hehehehe kapan-kapan lagi ja ya . . . .





tu anak anak yang lagi berkegiatan serukan . . . . ????


b. Jelajah Wonosobo

Nah untuk yang ke Wonosobo ini khusus ntuk bapak, ibu guru aja. Ini dilaksanakan setelah pulang dari Solo, yakni hari Ahad, tanggal 25 Januari hingga Senin, 26 Januari 2009. Kegiatan ini merupakan wujud rasa kebersamaan yang tinggi diantara staf pengajar di Darul Hikmah, karena yang ikut berangkat melibatkan dari berbagai unsur, dari SDIT, SMP, SMAT dan unsur Pesantren juga ikut serta.
Tempat yang di kunjungi adalah rumah Ibu Kepala Sekolah SMP _ SMAT Darul Hikmah, Dra. Hj. Sunarti, M.Pd. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa silaturahim selain untuk merifres diri.

Di Wonosobo, kita sempat mengunjungi sebuah Pondok Pesantren di Kalibeber Wonosobo, Pondok Pesantren Al Asy’ariyyah. Salam . . . ya buat semua pengurus PP Al Ay’ariyyah, mudah mudahan kita bisa berkunjung lagi . . . atau gantian . . . maen kesini dunk . . . . hehehe . . .
Selain kepondok kita juga menyempatkan diri untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di sana, diantaranya Telaga Menjer, Telaga Warna, Candi Arjuna, dan Puncak Dieng. Selain mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada kita juga menyempatkan diri untuk menikmati makanan khas Wonosobo, diantarnya Mie Ongklok, Soto Wonosobo, Tempe Kemul, Sego Menggono, Geblek, dan lain sebagainya ( mosok ya mau disebutin satu-satu, bikin lapar tau . . . .uuuu)



Nah gitu dulu ya . . . smoga lain kali masih diberi kesempatan untuk menikmati indahnya alam ciptaan Allah ta’ala, . . . . Amiiiiiinnnnnnn.
Eh pulangnya ga usah diceritakan ya . . . coz dah cuapek buanget cieeeee . . . . udah ach . . . bye . . .