OUT BOND

SISWA-SISWI SMP/SMAT DARUL HIKMAH PAKEM

29 September 2008

Out bond merupakan suatu bentuk rangkaian kegiatan yang memadukan ataupun menggabungkan antara unsure pendidikan dan juga unsure permainan. Kegiatan ini biasa dilakukan oleh sekolah-sekolah di perkotaan dalam rangka untuk merifres kejenuhan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Kegiatan ini dilakukan di alam terbuka, sesuai dengan namanya yaitu out bond yang diambil dari kata out yang berarti di luar dan bond yang tak lain banyak diartikan oleh masyaratakat pedesaan sebagai kependakan kata kebond yang berarti halaman atau kebun, jadi out bond adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan di luar kelas atau di kebun. Out bond tidak harus dilakukan di tempat-tempat khusus. Namun out bond bias juga dilakukan di halaman sekolah, di sawah, di lingkungan sekitar sekolah, dalam artian bahwa yang terpenting dari rangkaian kegiatan ini adalah kegiatan ini dilakukan di luar kelas atau ruangan.

Out bond saat ini menjadi kegiatan yang sangat digandrungi oleh para siswa. Dalam hal ini siswa menginginkan kegiatan seperti ini dikarenakan merasa jenuh dengan kegiatan di dalam kelas yang kegiatannya monoton seperti itu saja. Anak atau siswa membutuhkan refresing atau hiburan, nah bagi guru atau sekolah yang kreatif akan mengambil sikap bahwa kegiatan belajar mengajar tidaklah harus dilakukan di dalam kelas, namun bias juga di luar kelas. Dengan demikian guru tidak akan kehilangan kesempatan untuk menyampaikan pelajaran, dan siswa pun merasa mendapat hiburan. Hal ini akan menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih hidup dan lebih asyik, siswa pun akan merasa enjoy dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar tersebut.

Untuk itulah kegiatan out bond ini dilakukan dan akan dilakukan secara rutin. Menurut Ibu Dra. Hj. Sunarti, M.Pd, selaku kepala sekolah SMP/SMAT Darul Hikmah menyebutkan bahwa kegiatan belajar mengajar itu membutuhkan fariasi dalam pembelajaran, untuk itu SMP/SMA Darul-Hikmah akan melakukan kegiatan-kegiatan semacam yang sifatnya dilakukan di luar kelas diantaranya out bond dan hari kreasi seni santri/siswa. Kegiatan ini rencanya akan dilakukan secara rutin dan silih berganti, mengingat untuk menghindari kejenuhan siswa. Walaupun bukan untuk pertama kalinya out bond ini dilakukan di sekolah, namun antusias anggota keluarga besar Darul Hikmah tetap terpancar dari keseriusan dan sekompakan serta kesemangatan dalam mengikuti rangkaian demi rangkaian kegiatan out bond ini. Kegiatan ini biasanya dilakukan hanya saat awal tahun pelajaran saja, namun mengingat kebutuhan siswa dan guru/ karyawan yang membutuhkan refresing maka untuk itulah kegiatan ini akan dilakukan rutin setiap hari Sabtu di minggu-minggu terakhir.

Untuk kali ini rute yang dilalui adalah rute terbalik dari tahun-tahun sebelumnya, yakni mengambil jalur berjalan melewati perkampungan kemudian baru melewati rute Sungai Boyong yang cukup menantang. Dalam rangkaian kegiatan ini siswa tidak banyak dibebani oleh tugas yang berat, namun hanya diserahi tugas-tugas dari masing-masing pos yang sifatnya berupa permainan. Walaupun bentuknya permainan namun kegiatan ini tidak melalaikan yang mananya unsur pendidikan.

Namun sayang dalam kegiatan ini juru kamera lupa untuk menyeting waktu dan tanggal pada kameranya, dikarenakan adanya kesalahan teknis, sebelum diseting sudah digunakan oleh seorang guru yang kurang tahu masalah ini, sehingga terlanjur digunakan banyak baru diketahui bahwa waktu dan tanggal pengambilan gambar belulm diseting. Walau demikian hal ini tidak berpengaruh banyak pada pelaksanaan kegiatan out bond ini.

Semoga rincian sederhana kegiatan ini dapat bermanfaat bagi sekolah maupun lembaga-lembaga yang minginginkan kegiatannya tidak terlihat kaku, maka cobalah untuk melakukan kegiatan yang bersifat santai dan berada diluar ruangan. Karena dengan suasana yang berbeda akan menimbulkan rasa yang berbeda pula.








Nie dia albumnya . . . serukan . . .!!!!